Jumat, 16 Oktober 2015

analisis kesehatan mental dalam film beautiful mind

Tugas Menganalisa film
“the beautiful Mind
Ø  Alur cerita film ini berawal dari kelas matematika, John namanya, adalah pemenang beasiswa carnagie. Ia seorang yang jenius dan misterius dan juga penyendiri. Ia menyadari dirinya tak suka orang dan memgangap orang juga tak suka pada dirinya. John memang bisa melihat apa yang orang lain tidak lihat. Dalam dunianya john ia dapat melihat sosok yang selalu mengikuti dirinya. Namun di dunia realitas ia di anggap gila, karna sering terlihat bericara sendiri. pada awalnya john memang sering berimajinasi. Dalam imajinasinya John, ketika ia melihat Koran atau majalah-majalah lainya seolah melihat kode-kode tersembunyi. Kode-kode angka yang di lihatnya, sering ia tandai dengan coretan pena sarjananya. john dianggap orang yang istimewa karna ia dianggap pemecah kode alami terbaik. ia telah di beri kode rahasia di lengan tanganya, karna itu Ia merasa menjadi mata-mata pemerintahan dunia. Ia bekerja dan menghadapi persekongkolan besar dunia, ia sering lari ketika melihat orang-orang rusia, ia mengangap para dokter rumah sakit jiwa bersama crew nya sebagai mata-mata rusia. Sehingga ketika ia melihat orang yang mengintainya seketika itu juga ia ketakutan dan lari. Ketikan john di taggani oleh dokter jiwa. Ia mengangap dirinya di tahan dan di paksa oleh orang rusia. John masih melihat orang yang membisikinya. Padahal dokter yang bersamanya jelas tak melihat orang-orang yang mengikuti john. Dokter sudah memastikan bahwa john mengalami penyakit skizofrenia. Ketika ia berbicara dengan istri john . ia menyuruh memastikan apa pekerjaan rahasia yang selama ini dilakukan john. Dan ketika istrinya menyelidiki kamarnya yang selama ini tidak boleh di buka. Ia mendapati kondisi kamar yang superaneh, berantakan, dan hal-hal yang tak wajar lainya. sang istri telah menemukan bukti-bukti nyata bahwa surat yang di kirim john pada misi rahasianya ternyata hanya numpuk pada kotak surat yang tak terpakai. Ketika ia mendatangi suami nya di rumahn sakit dan mengatakan hal yang sesungguhnya kepada john. John mengatakan apa yang terjadi pada dirinya bahwa ia menjadi agen rahasia rusia. Lalu istrinya juga menjelaskan denganbukti-bukti nyata bahwa tidak ada agen rahasia. Tidak ada persekongkolan dan taka da orang yang bernama William patcher. Ia hanyalah halusinasinya john. Ia tmbul dari pikiran-pikiran john. Ia menyadarkan john bahwa sebenarnya ia sakit. Pasa awalnya john tidak terima ketika ia dikatakan sakit oleh istrinya. Beberapa saat setelah ia sadar, ia di terapi oleh dokter lalu disuntikanlah insulin, setelah terapi itu john merasa lebih baik daripada sebelumnya, tapi ia masih merasa gelisah. Sang istri pun tidak bisa menahan kegelisahanya. ia marah pada dirinya. Ia merasa stress sendiri menghadapi suaminya.
John masih bersama halusinasinya. ketiga orang yang mengikutinya serasa tak kan pernah hilang. Ia sepertinya selalu hadir dalam setiap kegiatan john. Memang ketiga orang tersebut memang ada dalam dunia john. Bahkan ketika orang yang ada dalam imajinasinya itu mempengaruhi untuk berbuat jahat, john bisa saja melakukanya. Ketiga orang yang ada dalam imajinasinya itu memang mempengaruhi pola prilaku keseharianya john. John mulai sadar bahwa ia sebenarnya berhalusinasi. Dan dalam sadarnya ia menceritakan sosok yang ada dalam pikiranya. Namun anehnya sosok itu seakan mengikuti john terus menerus. Ia seakan melihat makhluk lain yang tak seorang pun bisa melihatnya kecuali dirinya. Waktu demi waktu keadaan john semakin membaik. Ia mulai bisa mencurahkan kepada orang lain apa yang ia telah alami. John dalam masa tuanya mendapatkan penghargaan nobel Swedia dalam pidatonya ia mengatakan;
Dia selalu percaya dengan angka, dalam persamaan dan logika, yang membawa pada akal sehat, tapi seumur hidupmengejar, ia bertanya apa logika sebenarnya?, siapa yang memutuskan apa yang masuk akal?, pencarianya membawa kea lam fisik, metafisik, delusional dan kembali lagi. penemuan yang sejati dalam dirinya ternyata hanya di persamaan misterius cinta, yang alas an logisnya bisa iatemukan…..John dan Alicia nash tinggal di Princeton new jersey. John tetao mengajar di fakultas matematika. Ia masih tetap berjalan kaki ke kampus setiap harinya.
Ø  -Ganguan kejiwaan yang dialami tokoh dalam film ini adalah; skizofrenia.
-Gejala-gejala yang dialami penderitaadalah; sering paranoid, halusinasi, sering kebingungan, bertindak ceroboh,


Ø  -Penyebab dari penyakit ini adalah ketika ia menuliskan rumus matematika di jendela kacanya. Pada waktu ia mengalami kebuntuan pikiranya. tidak sengaja kepalanya terbentur kaca jendela. Hingga jidadnyaberdarah. ia merasa terlalu tegang dengan pikiranya. dan terlalu memikirkan masalah orang lain yang sebenarnya bukan masalah dirinya.mungkin karna yang ada dalam rinsipnya; ia bukanlah john jika ia gagal. Karna itu semua yang ia inginkan harus tercapai.*dapak dari penyakit ini bagi –dirinya; merasa malu, merasa tertekan. Merasa ketakutan. Merasa di kejar-kejar orang. Merasa bersalah, Di ejek orang lain, di anggap gila.*dapak dari penyakit ini bagi -orang lain; mengangu orang-orang yang ada di sekitarnya. Mengancam jiwa orang lain.